Cara Menanam Cabe Di Rumah Dengan Mudah

Cara Menanam Cabe Di Rumah Dengan MudahSeperti yang diketahui bahwa hampir semua masakan di Indonesia menambahkan cabe di dalamnya.Karena memang sebagian besar penduduk Indonesia itu menyukai makanan yang pedas.Sehingga tidak aneh kalau cabe yang merupakan sumber rasa pedas pada makanan, merupakan salah satu komoditi bumbu masakan yang banyak dicari oleh masyarakat.

Namun, terkadang harga cabe ini sering mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sehingga banyak orang yang enggan untuk membelinya.Nah, untuk menyiasati masalah tersebut, anda bisa coba menanam cabe sendiri.Bahkan, anda bisa menanamnya di rumah. Berikut ini cara menanam cabe sendiri di rumah :

1. Bibit cabe

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah bibit tanaman cabe.Dalam hal ini, pilihlah bibit tanaman cabe yang berkualitas.Lalu seperti apa bibit cabe yang berkualitas itu? Sebenarnya cukup mudah untuk mengenali bibit cabe yang berkualitas. Yakni pilihlah bibit cabe yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya.Kemudian jemur dibawah sinar matahari hingga kering.Atau supaya lebih mudah, anda bisa mendapatkan bibit cabe berkualitas dengan membelinya di toko tanaman.Jika anda hendak ingin menanam cabe dalam skala kecil, maka sebaiknya membuat bibit sendiri.Karena bibit cabe yang dijual di toko biasanya harus dalam skala besar dan tentunya harganya juga mahal.

2. Menyemai cabe

Langkah berikutnya adalah menyemai cabe.Dalam hal ini, anda bisa menggunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian.Lalu masukkan tanah dan juga pupuk.Kemudian campur hingga tingginya polybag.Setelah itu masukkan bibit cabe pada polybag dan siram setiap hari.Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

– Pertama siapkan polybag

– Lalu masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1

– Biarkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.

– Kemudian rendam bibit dalam air hangat selama 3 jam.

– Lalu simpan bibit pada polybag. Tutup bibit cabe dengan tanah kira-kira 1 cm kedalamannya.

– Lalu tunggu benih hingga berkecambah.

– Setelah itu, mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung.

3. Penanaman cabe

Langkah selanjutnya adalah penanaman cabe.Setelah berusian 4 minggu, pindahkan benih cabe pada lahan yang sudah disiapkan.Namun jangan lupa untuk menggemburkan lahan tanah dan memberikan pupuk.Awas hati-hati saat melepaskan benih dari polybag supaya akar tidak rusak.Apabila anda tetap menggunakan polybag, maka gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. Atau anda juga bisa gunakan ember bekas yang sudah dibersihkan. Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.

4. Pemupukan cabe

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah pemupukan.Jadi, jangan lupa untuk selalu menyirami cabe setiap hari. Selain itu, seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang bisa mengganggu pertumbuhan cabe. Jika ada segera cabut secara rutin supaya cabe bisa tumbuh dengan baik.

5. Masa Panen

Inilah masa-masa yang ditunggu-tunggu oleh penanam cabe.Ya.Ketika cabe telah tumbuh dengan sempurna, maka anda bisa melakukan panen.

Wah ternyata menanam cabe itu bisa dilakukan di rumah dengan mudah ya?Nah, bagi anda yang tertarik dan ingin coba untuk menanam cabe di rumah.Langkah-langkah di atas bisa anda praktekan sendiri di rumah.Selamat mencoba.