Pilih Mana Membuat Rumah atau Membeli Rumah ?

Membuat Rumah atau Membeli RumahRumah memang berfungsi sebagai tempat hunian bagi Anda dan keluarga untuk berisitirahat setelah melakukan aktivitas sehari-hari diluar. Tentu memiliki rumah sendiri merupakan idaman bagi semua orang, namun ada juga yang beranggapan membeli rumah jauh lebih murah dibanding membuat rumah sendiri.

Bagi Anda yang berencana ingin membuat rumah hunian yang sederhana. Atau bingung menentukan pilihan ingin membuat rumah atau membeli rumah jadi? Perhatikan kelebihan dan kekurangan membuat rumah dan membeli rumah jadi sebelum Anda memutuskan yang terbaik untuk hunian Anda.

Membuat Rumah Sendiri

Membuat rumah sendiri sesuai dengan desain tentu idaman bagi semua orang. Rumah yang nyaman tentu membuat penghuninya betah tinggal di rumah. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal terkait kelebihan dan kekurangan yang ada, sebelum Anda memutuskan pilihan Anda. Berikut keuntungan dan kekurangan membuat rumah sendiri.

Lebih hemat

Anda bisa menentukan sendiri kontraktor bangungan dan luas bangunan yang hendak dibangun. Hal ini dapat meminimalisir biaya jika kita berkonsultasi dengan jasa arsitek dalam memilih bahan bangunan, pemilihan furniture dan lain sebagainya. Anda juga tidak perlu memikirkan angsuran KPR yang harus dibayar setiap bulan.

Atur jadwal sesuka hati

Dengan membuat rumah sendiri, Anda bisa mengatur jadwal yang sisesuaikan dengan persediaan waktu yang Anda miliki. Bila dana belum mencukupi Anda bisa melakukan konsep rumah tumbuh, dimana pelaksanaan pembangunan tetap berjalan hanya bagian tertentu yang dianggap penting dibangun terlebih dahulu kemudian bila ada dana lagi Anda tinggal melanjutkan bagian yang lain.

Desain rumah sesuai selera

Desain rumah ditentukan sejak awal sebelum dibangun. Jadi Anda dapat menghemat pengeluaran biaya yang mengharuskan Anda renovasi jika membeli rumah siap huni. Dengan desain yang Anda pilih sesuai dengan keinginan tentu membuat Anda lebih menghargai rumah Anda. Rumah dengan desain yang nyaman dan sesuai dengan keinginan tentu membuat kita selalu rindu untuk segera pulang ke rumah.

Kekurangan membuat rumah sendiri

Memakan waktu

Membuat rumah idaman yang nyaman dan sesuai dengan keinginan kita tentu memerlukan waktu dan tenaga. Hal ini dapat membuat kita repot dan memakan waktu yang banyak karena proses mengurus surat-surat dan dokumen seperti IMB dari satu kantor instansi ke kantor instansi yang lain harus dilakukan sendiri. Belum lagi mencari lokasi, harga tanah dan proses memilih arsitek dan kontraktor yang professional tidak bisa dilakukan dengan sembarngan.

Membeli Rumah Jadi

Membeli rumah yang siap huni memang pilihan yang tepat jika Anda tidak memiliki waktu untuk mendesain konsep bangunan untuk rumah idaman Anda. Selain keuntungan yang dapat dirasakan, ternyata membeli rumah yang siap huni juga memliki beberapa kekurangan yang perlu kita perhatikan. Berikut penjelasannya mengenai kelebihan dan kekurangan membeli rumah jadi yang siap huni.

Hemat waktu

Anda tidak perlu repot meneliti dan mencari harga tanah yang pas sesuai kantong. Dalam hal ini, Anda tidak perlu repot melakukan berbagai macam survey baik yang berhubungan dengan harga, masalah keamanan dan sebagainya. Jika Anda membeli rumah jadi dari pengembang yang sudah besar, biasa sudah dilengkapi dengan segala sistem keamanan yang baik dan menyediakan segala macam fasilitas di koplek perumahan. Seperti supermarket, fasilitas olahraga, taman, sekolah, dan sebagainya.

Hemat biaya

Harga rumah lebih terjaga. Dana membeli rumah yang tersisa bisa digunakan untuk rencana keuangan lainnya misalnya, berinvestasi, berdagang ataupun berlibur. Untuk mendapatkan rumah dengan harga yang terbilang murah, Anda bisa mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) di bank. Anda bisa langsung memiliki dan menempati rumah idaman meski hanya membayar maksimal 37 persen dari harga rumah. Pada umumnya Anda diharuskan membayar uang muka sekitar 20% hingga 30% dari harga jual rumah tersebut. Sisanya Anda bisa diangsur setiap bulannya. Pilih juga bunga KPR yang terendah agar Anda bisa mengalihkan kredit mobil dan kartu kredit ke KPR.

Legalitas rumah lebih terjamin.

Urusan dokumen dan sertifikat rumah serta hal keperluan lainnya seperti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah terjamin lebih baik bila Anda memilih untuk membeli rumah jadi. Kita tidak perlu repot-repot mengurus surat maupun dokumen sendiri, karena pengembang sudah mengurusnya.

Kekurangan membeli rumah jadi

Desain rumah tidak sesuai

Dengan membeli rumah jadi yang siap huni tentu kita tidak bisa memilih desain yang sesuai dengan karakteristik kita. Terkadang, kita harus merenovasi agar kebutuhan yang diperlukan bisa sesuai dengan keinginan. Sehingga secara tidak langsung Anda harus mengeluarkan extra budget untuk biaya renovasi dan sebagainya.

Bahan bangunan

Kita tidak tahu bahan bangunan apa yang digunakan oleh pekerja karena kita tidak berada di proyek pengerjaan. Kita juga tidak tahu bagaimana proses pembangunan dan pengerjaannya. Apakah kualitas bahan yang digunakan berkualitas atau tidak? Dalam memilih bahan bangunan tentu sangat penting sebagai fondasi rumah, hal ini juga tentu untuk meminimalisir kerugian yang terjadi di kemudian hari.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menentukan pilihan membuat rumah sendiri atau membeli rumah jadi siap huni. Jadi yang mana pilihan Anda?